Senin, 14 Maret 2011

Rumput yang berplastisitas

    Karena kurang peka dengan lingkungan, maka saya baru tahu kalau panjang rumput ditempat ternaung ( teduh) lebih panjang berapa kali lipat dari pada rumput didaerah terdedah ( terkena cahaya matahari langsung).Mengapa?. Hal tersebut dikarenakan rumput tersebut berplastisitas.Inti dari definisi plastisitas adalah perubahan dari bentuk ( mis : morfologi) suatu makhluk hidup sebagai reaksi dari faktor lingkungan.
    Bila tanaman ditempat terdedah lebih kecil ukurannya hal tersebut karena ia menyesuaikan atas faktor lingkungan misalnya cahaya matahari yang banyak yang otomatis meningkatkan suhu dan menurunkan kelembaban, dan berpengaruh pada ketersediaan air dsb. Bila rumput tersebut masih tetap pada ukuran yang panjang ( seperti tempat ternaung) . Apa yang terjadi?,, . Tentu sangat sulit baginya untuk bertahan atas kondisi lingkungan itu.
     Dibalik cerita rumput ini tentu ada pelajaran yang tersirat untuk manusia. Apa kira- kira ya?.Hmm need time to answer it. I believe there's a sceret behind this story ( grass).

0 komentar:

Posting Komentar