Minggu, 10 Juli 2011

Kau musti Memiliki Ruang untuk Sendiri..

Pada dasarnya kita adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup seorang diri di dunia ini. Setiap orang saling membutuhkan. Ibarat kata takkan ada penjual ikan bila tak ada nelayan. Sekaya apapun orang yang katanya uang bisa memenuhi setiap kebutuhannya takkan bisa sendiri hidupnya. Kita membutuhkan teman untuk berbagi, kita membutuhkan saudara .Secara langsung atau tak langsung kita membutuhkan orang lain.
      Kalimat : kita adalah makhluk sosial, kalimat tersebut belumlah selesai . Kalimat yang utuh dari kalimat tersebut adalah: Kita adalah makhluk sosial dan makhluk individu. Menurut pelajaran yang pernah saya dapatkan bahwa makhluk individu adalah makhluk yang berbeda antara satu individu satu dan individu lainnya, hal tersebut menggambarkan setiap orang memiliki karakteristik berbeda, baik gen, sifat, dsb.
   Ok, pengertian diatas benar adanya. Tapi menurut saya ada pengertian tambahan untuk ini. Individu berarti adalah sendiri. Kita adalah dua makhluk ketika kita membutuhkan interaksi dengan orang lain karena kita adalah makhluk sosial. Namun, diantara keramaian canda, tawa, sedih, masalah, dan  sebagainya dengan orang lain, kau adalah seseorang yang perlu waktu untuk sendiri.
     Ketika kau sendiri  kau hanya akan mendengar kata hatimu, bukan kata- kata orang lain. Disaat itulah cerita, rasa, dan peristiwa yang telah terjadi bisa kau refleksi. Dengan kata lain kau butuh waktu untuk dirimu dan batinmu, untuk kau dengar dialog dirimu sendiri.
    Kita adalah dua makhluk takkan bisa kau tinggalkan salah satunya. Kita adalah makhluk sosial dan seorang individu. Kita butuh interaksi, kita perlu orang lain dan kita juga berbeda dengan orang lain, kita butuh interaksi dengan diri kita sendiri...

0 komentar:

Posting Komentar